Saturday, June 16, 2012

ANJING DAN TULANG

Photo copyright wanderings.net
Banyak orang senang memelihara anjing karena anjing hewan yang pintar. Beberapa diantaranya memiliki rupa yang lucu dan menggemaskan, sehingga pemiliknya sering memberikan aksesoris seperti pakaian dan sepatu untuk anjing mereka. Anjing-anjing berbulu panjang, diberi jepitan dan pita-pita lucu sebagai penghias kepalanya.

Lalu bagaimana dengan makanan? Ketika seseorang menyayangi seekor anjing, dia pasti akan memberikan yang terbaik. Salah satunya dengan menyediakan makanan yang enak atau makanan kesukaannya. Kebanyakan orang menganggap tulang adalah makanan yang disukai oleh anjing. Tapi tahukan anda, kalau tidak semua tulang aman untuk anjing?

"Aku sangat menyayangi Jen, anjingku. Setiap aku makan, aku akan menyimpan tulang ayam sisa makananku untuk Jen."

Saya pernah membaca kisah ini. Saya menduga pemilik Jen tidak mengetahui kalau dia telah memberikan makanan yang berbahaya untuk anjingnya. Yang dilakukannya semata karena dia menyayangi anjingnya dan menganggap apa yang diberikan akan membuat anjingnya senang.

Rawhide bone
Anjing memang menyukai tulang. Anjing senang melakukan aktifitas menggigit dan mengunyah (chewing), terutama anjing yang masih muda. Sudah pasti anjing senang diberi tulang apalagi ada aroma dagingnya :D Tulang yang baik untuk anjing adalah tulang dengkul sapi atau tulang rawan. Tulang yang sudah direbus sama sekali tidak boleh diberikan kepada anjing, apalagi tulang ayam. Pemanasan mengubah sifat kimia dan sifat fisik tulang yang berakibat tulang tidak bisa dikunyah anjing dengan betul. Tulang pecah menjadi bagian-bagian yang tajam dan membahayakan pencernaan anjing (sumber: wikipedia). Atau anda bisa memberikan rawhide bone, yaitu tulang-tulangan yang berasal dari kulit sapi yang dikeringkan dan diproses hingga rasa dan aromanya menyerupai tulang asli. Rawhide bone yang keras ini lama-lama akan menjadi lunak dan alot karena terkena air liur anjing. 

Nah, kalau anda masih suka merebus tulang atau memberikan tulang ayam sisa makanan anda untuk si guk-guk, sebaiknya mulai sekarang diganti dengan makanan lain atau belikan rawhide bone saja. Lebih praktis dan tentunya juga lebih aman :)

Untuk Mercy, gak ada tulang sandal pun jadi :D

1 comment:

  1. wah foto yg di bawah itu si mercy doyan juga sama sandal ya :), ternyata tidak semua tulang itu bagus untuk anjing ya :)

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami :)
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar anonim, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)