Thursday, May 3, 2012

VAKSINASI UNTUK ANJING DAN KUCING

Kenapa harus divaksin?

Vaksin melindungi hewan peliharaan kita dari berbagai penyakit akibat virus dan bakteri. Hewan baru lahir memperoleh kekebalan pasif dari antibodi yang terdapat dalam air susu induknya. Saat usianya mencapai 6 - 8 minggu, imunitas yang diperoleh dari sang induk akan berkurang, saat inilah anakan (pet) anda mulai divaksin.


Vaksinasi Anjing

Canine Parvovirus
Virus ini mudah menular, apabila tidak segera ditangani dapat berakibat fatal dan berakhir dengan kematian. Perlindungan terhadap virus ini terdapat pada Vaksin VP CPV, VP 5/L dan VP 5/CV-L.

Canine Distemper
Virus mudah menular dan fatal. Gejala anjing yang terkena distemper antara lain hilang nafsu makan, mata dan hidung berair, batuk maupun gejala syaraf. Anjing yang mampu berahan dari serangan virus ini umumnya mengalami kerusakan syaraf. Perlindungannya didapat dari vaksin VP 5/L dan VP 5/CV-L.

Canine Hepatitis
Virus ini menyerang hati dan mudah menular terutama pada anjing yang masih muda. Bisa menyebabkan muntah, hilang nafsu makan dan kekuningan. Perlindungannya terdapat pada vaksin VP 5/L dan VP 5/CV-L.

Vaksin Coronavirus
Virus yang mudah menular, menyebabkan diare ringan. Apabila terjadi infeksi berbarengan dengan parvovirus, akibatnya sangat fatal, diare berdarah yang bisa berakhir dengan kematian. Perlindungannya bisa didapat dari vaksin VP 5/CV-L

Vaksin Leptospirosis
Penyakit ini menyerang fungsi hati dan ginjal. Anjing yang terserang leptospirosis menunjukkan gejala demam, kekuningan dan nyeri otot. Setengah dari anjing yang terserang penyakit ini berakibat fatal. Perlindungan terhadap penyakit ini didapat dari vaksin VP 5/L dan VP 5/CV-L.

Rabies
Penyakit ini menyerang sistem saraf dan mengakibatkan kematian. Dapat menular ke manusia melalui gigitan hewan yang terinfeksi.


Jadwal Vaksinasi Anjing

6 minggu: Parvo --> Vanguard Plus CPV / Vanguard Plus 5/L / Vanguard Plus 5/CV-L 

9 minggu: Parvo, Distemper, Parainfluenza, Hepatitis, Adenovirus tipe 2 dan Leptospirosis --> Vanguard Plus 5/L / Vanguard Plus 5/CV-L 

12 minggu: Parvo, Distemper, Parainfluenza, Hepatitis, Adenovirus tipe 2 dan Leptospirosis --> Vanguard Plus 5/L / Vanguard Plus 5/CV-L

16 minggu: Rabies --> Defensor 3

Annual (umur 1 tahun dan diulang setiap tahun): Parvo, Distemper, Parainfluenza, Hepatitis, Adenovirus tipe 2,  Leptospirosis dan rabies  --> Vanguard Plus 5/L / Vanguard Plus 5/CV-L + Defensor 3


Vaksinasi Kucing


Feline Upper Respiratory Tract Infection
Virus ini mudah menular, menyebabkan gangguan saluran pernafasan atas, bersin, mata dan hidung berair, hilang nafsu makan. Apabila tidak segera ditangani dapat berakibat kematian. Perlindungan dari virus ini didapat dari vaksin Felocell 3.

Feline Panleukopenia
Mudah menular, menyebabkan diare, muntah, dehidrasi hingga kematian. Paling sering terjadi pada anak kucing. Perlindungannya didapat dari vaksin Felocell 3.


Jadwal Vaksinasi Kucing

8 dan 12 minggu: Rhinotracheitis, Calicivirus, Panleukopenia, Chlamydia, Leukimia, Infectious Peritonitis --> Felocell 3

16 minggu: Rabies --> Defensor 3

Annual (umur 1 tahun dan diulang setiap tahun): Rhinotracheitis, Calicivirus, Panleukopenia, Chlamydia, Leukimia, Infectious Peritonitis + Rabies --> Felocell 3 + Defensor 3


Perawatan Setelah Vaksinasi


Setelah vaksininasi, pet mungkin mengalami lethargic (lesu), tidak mau makan selama 1 - 2 hari dan mungkin ada juga yang mengalami bengkak di area injeksi. Sediakan selalu makanan dan minuman yang cukup, tempat yang hangat dan nyaman, sebaiknya tidak langsung dimandikan (biasanya dokter menyarankan untuk tidak mandi selama 1 minggu setelah vaksin), tidak dibawa menempuh perjalanan jauh atau berpindah tempat.

Anda yang baru mengadopsi atau membeli anjing/kucing, biarkan mereka beradaptasi dulu di rumah kita selama 1 minggu sebelum divaksin.


Perawatan Rutin Anjing/Kucing

Vaksinasi diperlukan untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit penting. Sebagai pemilik, kita harus memperhatikan beberapa hal seperti tempat tinggal, nutrisi (makanan,minuman, vitamin), excercise (latihan) dan pengendalian parasit. Kunjungan rutin ke dokter hewan bisa membantu kita mendapatkan informasi seputar perawatan kesehatan hewan peliharaan kita.


7 comments:

  1. kalau kucing saya belum di vaksin, tapi sudah terlanjur terkena salah satu penyakit yang di atas, apa penggunaan vaksin akan menyembuhkan penyakitnya?
    Apakah penggunaan vaksin memang hanya berfungsi untuk mencegah, bukan menyembuhkan?

    ReplyDelete
  2. @Unknown:
    Hewan yang mau divaksin harus dalam kondisi sehat, karena vaksin adalah memasukkan bibit penyakit yang sudah dilemahkan dengan tujuan membentuk antibodi di dalam tubuh.

    Kalau kucingnya sakit, bawa ke dokter, diobati dulu sampai sembuh. baru boleh divaksin.

    Ya, tujuan vaksin adalah pencegahan bukan untuk penyembuhan. Meskipun sudah divaksin, tidak jaminan hewan tidak akan sakit. Yang penting jaga selalu kesehatan hewan dan lingkungan sekitarnya.

    Semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete
  3. saya malah baru tahu kalo harus divaksin, kucing saya sudah umur 8 bulan belum pernah vaksin tapi sehat2 aja karena saya selalu menjaga kebersihanya. Tapi saya jadi mau tahu kira2 terlambat ga ya kalo kucing saya vaksin ? berapa sih biaya vaksin ? Ada reverensi? ohya kucing saya jenis persia, namanya Ketty Perry...hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! :)
      Sebaiknya sih divaksin, ya. Tetap bisa divaksin, koq. Soalnya saya juga pernah ada anjing yang telat vaksin. Coba konsultasikan sama dokter hewan, supaya lebih jelas dan akurat infonya.

      Untuk vaksin, harganya variatif. Tergantung tarif dokternya. Dan saya kurang tau juga, apakah tiap kota/daerah, biayanya sama atau berbeda. Siapkan saja budget 100-200 rb, karena kl belum penah vaksin gitu, biasanya nanti ada beberapa vaksin yg diberikan. Pastikan kucingnya sedang sehat, ya, kalo mau vaksin :)

      Salam buat Ketty Perry :D

      Delete
  4. lah kok double comment? maaf yaa

    ReplyDelete
  5. Nambah ilmu lg niih ..
    Ijin copas juragan untuk grup SML biar hewan/musang biar di vaksin ..

    ReplyDelete
  6. apakah melayani vaksin & kebiri kucing hutan?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...