Tuesday, May 1, 2012

PROYEK MENULIS "KISAH PERSAHABATANKU DENGAN HEWAN" | 1 MEI 2012 - 20 MEI 2012

Hewan memiliki peran penting dalam kehidupan manusia, sebagai sumber makanan, sumber penghasilan (uang) misalnya peternakan, penghasil tenaga misalnya kuda penarik gerobak, sumber penghasil bahan-bahan kerajinan/fashion, sebagai pemangsa hama, bahkan dijadikan peliharaan di rumah untuk dijadikan teman bagi manusia. Sayangnya ketergantungan manusia yang tinggi terhadap hewan ini tidak dibarengi perlakuan yang baik dan menguntungkan untuk kelangsungan hidup para hewan. Kita sering mendengar berita pembantaian dan eksploitasi hewan besar-besaran untuk kepentingan manusia. Berita terbaru adalah tentang pembantaian orangutan oleh manusia yang membuka ladang dan perkebunan di habitat mereka. Ada juga berita tentang kematian satwa-satwa langka di sebuah kebun binatang di Indonesia akibat kelalaian pengelola dan berita tentang hewan peliharaan yang ditelantarkan pemiliknya atau penyiksaan hewan oleh sekelompok orang dengan alasan tertentu. Tapi kita juga sering mendengar kisah menyentuh tentang hubungan hewan dan manusia, terutama hewan yang dipelihara dengan penuh kasih sayang, kisah Hachiko misalnya. 

Kami bukanlah sekelompok aktifis atau penggiat lingkungan hidup yang ingin menyelamatkan hewan dari pembantaian dan kepunahan. Kami hanya keluarga kecil yang menyayangi hewan-hewan peliharaan kami dan berbagi kisahnya melalui blog ini. Kami yakin teman-teman animal lovers di Indonesia juga banyak yang mempunyai kenangan dan kisah yang menggetarkan hati, entah bersama hewan peliharaan di rumah, hewan yang pernah kalian selamatkan, atau hewan lainnya. Karena itu kami ingin mengundang teman-teman untuk ikut dalam Proyek Menulis Kisah Persahabatanku dengan Hewan.


Syarat untuk mengikuti proyek menulis ini mudah saja:
  • Tulislah kisah dan pengalaman berkesan kalian dengan tema Kisah Persahabatanku dengan Hewan. Alangkah baiknya kalau kisah atau pengalaman itu bisa menggugah, menginspirasi dan membuka mata banyak orang tentang pentingnya menjaga hubungan baik dengan makhluk hidup lain, dalam hal ini hewan, menumbuhkan rasa cinta terhadap hewan dan menjaganya sebagai warisan alam untuk generasi mendatang serta mengandung ide-ide kreatif yang bisa digunakan untuk memperbaiki perlindungan terhadap hewan, baik hewan peliharaan maupun hewan liar.
  • Terbuka untuk semua warga negara Indonesia tanpa batasan usia, jenis kelamin, status, pendidikan dan pekerjaan.
  • Tidak dipungut biaya apapun untuk mengikuti proyek menulis ini alias GRATIS.
  • Periode pengiriman tulisan mulai tanggal 1 Mei 2012 - 20 Mei 2012
  • Tulisan harus kisah nyata (non fiksi), diketik dengan font Arial ukuran 12,    spasi 1.5, dikirim melalui email attachment (lampiran) ke marubunnytown@gmail.com. Di subyek email tuliskan format berikut: KPDH - Judul Tulisan – Nama anda.
  • Panjang tulisan 500 - 2500 kata.
  • Tulisan merupakan hasil karya sendiri, bukan hasil saduran dan copy-paste dan belum pernah dipublikasikan di media manapun.
  • Boleh mengirim lebih dari 1 tulisan/cerita
  • Tulisan tidak mengandung unsur SARA, provokatif, pornografi dan tidak menyudutkan pihak lain.
  • Tulisan harus sesuai dengan tema yaitu “Kisah Persahabatanku dengan Hewan”.
  • Tulisan menggunakan bahasa Indonesia yang baik, tidak menggunakan bahasa alay, tidak menggunakan tulisan yang disingkat-singkat seperti yg, dll, drmn, dan sebagainya.
  • Diperkenankan menyertakan foto yang berhubungan dengan isi tulisan. Ukuran file foto maksimal 500 MB.
  • Hewan yang menjadi subyek tulisan tidak dibatasi jenis dan golongannya selama kegiatan/kisah dalam tulisan tersebut tidak melanggar hukum dan perundang-undangan yang berlaku.
  • Bagian paling atas tulisan mencantumkan identitas nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telpon, email, akun facebook/twitter/blog/website dan jenis hewan yang menjadi subyek dalam tulisan. Setelah itu baru tuliskan judul dan tulisan.


Proyek Menulis ini murni sebagai bentuk kepedulian kami terhadap perlindungan hewan. Ada banyak cara berbagi dan peduli. Teman-teman yang memiliki kepedulian sama seperti kami tapi tidak bisa memelihara dan mengadopsi hewan terlantar di jalanan, tidak memiliki uang untuk menyumbang, bisa ikut berbagi cinta melalui tulisan. 

Kisah teman-teman yang lolos seleksi akan dibukukan dan diterbitkan melalui NulisBuku.Com dan seluruh hasil penjualan dan royalti akan disumbangkan untuk kegiatan penyelamatan atau konservasi hewan. Dan karena ini adalah proyek amal bukan lomba, tidak akan ada hadiah dalam bentuk apapun untuk teman-teman yang tulisannya lolos seleksi selain ucapan terimakasih dan doa yang tulus untuk kalian semua karena sudah ikut berkontribusi untuk mencintai hewan :)
Update:
Kami sangat menghargai niat baik teman-teman yang berkontribusi dalam proyek menulis ini. Maka ijinkanlah kami untuk sedikit berbagi :)
Kami akan memilih 3 tulisan favorit dan penulisnya akan mendapatkan reward yang mudah-mudahan bisa bermanfaat. Tolong jangan diukur dari besarnya, karena ada atau tanpa hadiah, niat baik teman-teman semua sudah sangat berarti untuk penyelamatan hewan :)
  • Favorit 1: uang tunai Rp 500.000,00 + souvenir 
  • Favorit 2: uang tunai Rp 300.000,00 + souvenir 
  • Favorit 3: uang tunai Rp 200.000,00 + souvenir

Informasi dan perkembangan lanjutan proyek menulis ini akan di-update melalui blog ini, twitter @saryahd dan Facebook Page Maru Bunny Town. Peran penting hewan dalam kehidupan manusia harus dibarengi upaya sungguh-sungguh untuk menjaga kelestarian dan keberadaannya, sehingga semakin besar pula peluang mereka untuk menjaga kesimbangan kehidupan manusia dan alam. 

24 comments:

  1. keren..pengen nyumbang jg sesuatu ttg kucing ;)

    deetwilight.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. boleh banget ! ditunggu tulisannya :)

    ReplyDelete
  3. bunda mau ikutan juga ya ,Mbak
    walaupun baru memelihara beagle :)

    dulu sih punya piaraan macem2, kucing, burung berkicau, ikan ,kelinci, hamster dll
    hahaa...

    salam

    ReplyDelete
  4. mau ikutan proyek ini ah.. nulisnya boleh lebih 1 ya? maksimal nulis berapa? banyak cerita nii.. :)

    ReplyDelete
  5. @thy:

    iya boleh, kirim aja. nanti kan ada proses seleksi :)

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. @juliana wina rome:

    min: 500 kata, maks: 2500 kata ya..

    ReplyDelete
  8. Mbak, kalo aku nulis tentang orang lain bukan tentang aku nya boleh gak??

    ReplyDelete
  9. @Helda Fera Puspita:

    Coba orang lainnya itu mbak kasih tau info proyek menulis ini supaya dia menuliskan kisahnya dan mbak nulis kisah mbak sendiri, gitu.. :)) kan jadinya lebih asik, lebih banyak kisah yang ditulis :)

    ReplyDelete
  10. Ohh..gitu ya bun, hehe abis mau nyeritain mbak di rumah, oke deh..trims bun

    ReplyDelete
  11. @helda Fera Puspita:

    Oya gak pa pa mbaknya suruh ikutan aja.. Kan siapa aja boleh ikut :)

    ReplyDelete
  12. pengen banget ikutan tapi ga pernah bikin tulisan.

    ReplyDelete
  13. @Ardiansyah Pango Darwis:
    ditunggu partisipasinya :)

    ReplyDelete
  14. @premierta:
    Kan yang ditulis pengalaman pribadi, pasti jauh lebih mudah.. :)

    ReplyDelete
  15. mba, kalau 2500 kata itu kira2 berapa halaman ya? dengan format arial 12 dan spasi 1,5. makasih :)

    ReplyDelete
  16. 8-9 halaman A4. tapi gak perlu sepanjang itu juga, 500 kata aja udah bisa 1,5 halaman A4.

    tadinya saya gak batasi, tapi ada yang mengirim cerita terlalu pendek, kurang dari 1 halaman A4, makanya ambil yang enak aja :)

    ReplyDelete
  17. sy sdh kirim tp ga apdet aturannya hehe...jadi waktu nulis ga tau klo ada minimal 500 kata tp moga nyampe deh. wah sekarang ada reward juga ya?

    deetwilight.blogspot.com

    ReplyDelete
  18. Wah ini baru info yang menarik buat blogger yang hobby sama binatang peliharaan. Sayangnya saya nggak punya banyak waktu buat menulis, tapi jangan kuatir.. saya dukung deh dengan cara lain misalnya bantu sharing link postingan blog ini via Facebook, Google+ atau Twitter.. gimana?
    Oya, terimakasih sudah gabung di group Facebook Direktori Blog Indonesia..

    ReplyDelete
  19. halooo... saya baru saja mengirim email, tolong di cek ya emailnya. semoga tulisan membantu yang lain mencintai binatang. makasih. :)

    ReplyDelete
  20. @deetwilight.blogspot.com:
    terimakasih sudah berbagi :) iya sekarang ada rewardnya, mudah-mudahan teman-teman tambah semangat :)

    @Direktori:
    terimakasih.. Barusan saya sudah submit url di direktori blog indonesia dan sudah pasang linkback juga. mudah-mudahan memenuhi syarat.

    @hani
    halo juga! sudah terima emailnya. terimakasih sudah berbagi :)

    ReplyDelete
  21. hi, saya mencoba berpartisipasi dalam proyek menulis ini. dan saya juga telah mengirimkan tuisan via email silahkan di cek. semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete
  22. wah telat lagi deh... :( kapan ada project nulis lagi?? mauu...

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami :)
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar anonim, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)