Friday, March 2, 2012

MENGHITUNG UMUR ANJING/KUCING

Tidak ada metode ilmiah yang dapat diandalkan untuk menghitung persis berapa usia kucing atau anjing dalam tahun manusia. Umumnya diketahui bahwa umur anjing/kucing 7 kali lebih banyak dibandingkan umur manusia, tapi pada kenyataannya anjing dan kucing yang berumur 1 tahun lebih dewasa dari pada anak yang berusia 7 tahun. 

Para ahli umumnya sepakat bahwa dua tahun pertama kehidupan kucing kurang lebih sama dengan 25 pertama dari manusia. Setelah itu, setiap tahun tambahan sama dengan sekitar empat tahun umur kucing. Sama artinya dalam dua tahun pertama kehidupan anjing/kucing, mereka telah mencapai usia dewasa dan tahun pertama kehidupannya sama dengan sekitar 15 tahun umur manusia, bukan tujuh.

Ukuran dan jenis ras juga mempengaruhi peningkatan umur anjing. Anjing ras kecil cenderung hidup lebih lama dari anjing yang lebih besar, akan tetapi mereka lebih cepat mencapai umur dewasa dalam beberapa tahun pertama kehidupannya. Anjing trah besar mungkin mencapai umur dewasa lebih lambat, tapi di umur 5 tahun mereka sudah dianggap tua. Sedangkan trah kecil dan toy baru dianggap tua ketika umurnya mencapai 10 tahun. 

Cara lain untuk mengetahui umur anjing anda adalah (sumber Dogster):

Pemeriksaan Gigi: 
  • Umur 8 minggu: semua gigi susu sudah tumbuh.
  • Umur 7 bulan: semua gigi sudah tetap (permanen) dan ada dalam kondisi putih mutiara dan bersih.
  • Umur 1-2 tahun: terdapat gigi yang kusam  dan beberapa gigi belakang yang menguning.
  • Umur 3-5 tahun: mulai dijumpai karang gigi tingkat awal dan mulai aus
  • Umur 5-10 tahun: keausan gigi lebih terlihat dan mulai muncul tanda-tanda penyakit.
  • Umur 10-15 tahun: gigi mengalami keausan dan karang gigi yang parah dan kemungkinan beberapa gigi sudah tanggal.

Pemeriksaan Otot:

Otot yang terbentuk dari aktifitas fisik lebih kelihatan pada anjing yang masih muda sedangkan anjing tua cenderung lebih gemuk dan aktifitas fisik juga menurun

Bulu (coat):

Anjing yang masih muda biasanya memiliki bulu yang lembut dan halus. Anjing yang lebih tua bulunya cenderung lebih kasar, tebal dan kadang-kadang berminyak. Sering juga dijumpai bercak putih atau abu-abu di moncong anjing yang sudah tua.

Pemeriksaan Mata:

Anjing yang masih muda umumnya memiliki mata yang jernih dan sehat. Anjing tua sering mengalami rabun atau kebutaan. 


Pedoman dan pemeriksaan di atas bisa berbeda untuk masing-masing anjing/kucing, tergantung kondisi individualnya dan perawatan kesehatan mereka oleh pemilik. Sebagai pemilik kita sebaiknya menyadari bahwa perubahan kesehatan mereka dapat terjadi dalam waktu yang sangat singkat disebabkan umur yang cepat menua. Karenanya pemeriksaan kesehatan yang rutin untuk hewan peliharaan anda jangan sampai diabaikan ya.. :)


1 comment: