Sunday, February 26, 2012

STAMBUM (SURAT SILSILAH ANJING)

Apa itu stambum? 

Stambum berasal dari bahasa Belanda, stamboom, artinya silsilah. Dalam bahasa Inggris disebut family tree atau pedigree.

Stambum adalah akte atau surat keterangan lahir yang dikeluarkan oleh Perkin (Perkumpulan Kinologi Indonesia) untuk anakan anjing yang dilahirkan dari induk dan pejantan yang memiliki jenis trah yang sama dan keduanya pun memiliki stambum (terdaftar). Kita bisa mengetahui silsilah lengkap seekor anjing dari stambumnya. Silsilah itu tidak hanya untuk mengetahui siapa bapak dan ibunya tapi silsilah lengkap empat generasi sebelumnya.  

Apa saja syarat supaya anak anjing bisa didaftarkan dan mempunyai stambum?

Yang paling penting tentu saja kedua orangtuanya juga terdaftar (di Perkin) dan memiliki stambum.

Proses pendaftaran dan pembuatan stambum.

  • Lapor Pacak dilakukan 1 s.d. 7 hari setelah pemacakan di Perkin wilayah keanggotaan pemilik pejantan dan menjadi tanggung jawab pemilik jantan. Biaya lapor pacak untuk anggota adalah Rp 10.000,00 dan non anggota Rp 40.000,00. (th.2012). Lapor pacak di hari ke-8, untuk anak anjing yang berumur maksimal 3 bulan, dikenai denda keterlambatan sebesar Rp 100.000,00 untuk anggota, non anggota  Rp 400.000,00 (th.2012). Apabila anda baru melaporkan pemacakan setelah anak anjing anda berumur 3 bulan, maka lapor pacak akan ditolak. Setelah lapor pacak, pemilik jantan wajib memberikan fotocopy laporan pemacakan dan nota pembayaran kepada pemilik betina untuk proses administrasi selanjutnya. 
  • Lapor Lahir, harus segera dilakukan 1 s.d. 7 hari setelah anak anjing lahir di perkin wilayah keanggotaan pembiak (pemilik indukan/betina). Biaya gratis, kecuali anda terlambat dan baru melapor di hari ke-8 sampai anak anjing berumur maksimal 3 bulan, anda dikenai denda. Besarnya sama dengan denda terlambat lapor pacak. Begitupun bila anda baru lapor lahir setelah anak anjing berumur 3 bulan, laporan anda akan ditolak. Untuk lapor lahir, anjing betina anda sudah harus terdaftar atas nama anda. Apabila masih terdaftar atas nama pemilik sebelumnya, anda harus mengajukan balik nama pemilik terlebih dahulu sebelum lapor lahir. Biaya balik nama Rp 20.000,00 untuk anggota, Rp 80.000,00 untuk non anggota. Karena perbedaan biaya yang cukup besar antara anggota dan non anggota, saya sarankan sih anda mendaftar jadi anggota. Biayanya hanya Rp 50.000,00. Setelah menjadi anggota anda juga bisa mendaftarkan nama kandang (kennel) dengan biaya Rp 25.000,00 (th. 2012).
  • Permohonan Silsilah Sepenganakan dilakukan minimal sejak anak anjing lahir sampai umur anjing maksimal 3 bulan. Biayanya Rp 50.000,00 (anggota), Rp 200.000,00 (non anggota). Apabila permohonan slsilah ini dilakukan setelah anak anjing berumur 3 bulan, permohonan ditolak dan otomatis lapor pacak dan lapor lahir yang sudah anda lakukan, gugur. Permohonan silsilah ini biasanya dilakukan berbarengan dengan pentatoan.
  • Pentatoan dilakukan setelah surat permohonan silsilah sepenganakan disetujui dan ditandatangani Biro Silsilah Perkin Wilayah/Himpunan Trah. Anak anjing bisa ditato setelah umrnya minimal 6 minggu. Biaya tato untuk satu ekor anak anjing adalah Rp 10.000,00 (anggota) atau Rp 40.000,00 (non anggota). Tato berupa nomor diberikan di telinga anak anjing dan harus sama dengan nomor tato yang tercantum di stambumnya. 

Stambum penting gak sih?

Tergantung bagaimana anda sebagai pemilik menyikapinya. Yang paling penting adalah anjing-anjing anda terawat dengan baik, mendapat pemeriksaan kesehatan secara teratur dan hidup bersama keluarga anda sesuai dengan haknya sebagai hewan peliharaan.


19 comments:

  1. Gan,

    Rencananya Saya mau adopt anjing pom punya teman...tapi dia orang malas buat bikin surat...klo dy malas buat suratnya saya yang buat bisa tidak? tapi kan dam and sirenya bukan nama saya

    ReplyDelete
  2. @vina shim:

    anjingnya sudah besar atau baru lahir? kalau sudah besar, gak bisa bikin suratnya. harus dari lahir.

    atau kalau mau balik nama, bisa. pas dia kawinpacak, tapi itu pun anjingnya udah harus punya surat dulu

    ReplyDelete
  3. hello mat siang,,, saya mo nanya ni.. kemarin ada temen ngasi anjing ke saya dan anjing tersebut sudah ada tattoo (sudah stambul ) tp saya gak dikasi suratnya, katanya hilang>
    terus klo seandainya saya urus suratnya, bagaimana caranyan ya? tlng infonya... makasi

    ReplyDelete
  4. bagaimana caranya klo ngurus suratnya yang hilang ibu ya? mohon infonya makasi

    ReplyDelete
  5. Hai Ardhy, salam kenal!

    Kalau gak salah bisa koq diurus, cuma ada syarat2nya. Bisa ditanyakan langsung ke PERKIN.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syarat Perkin Aneh! Hiro, Kintamani (11 bln) tidak bisa dapat stamboom! (menurut (R/ Perkin) pengurus Jabodetabek. Klo kinta berasal dari induk non stamboom tidak bisa distamboomkan. KARENA ALASAN INDUKNYA TIDAK BERSTAMBOOM? Aneh, menurut saya; NENEK MOYANG KINTAMANI AWALNYA KAN TIDAK KENAL/ ADA STAMBOOM.. Aya aya wae.. perkin!

      Delete
  6. Malam, saya ingin tau dob anjing saya yang baru dibeli tp penjualnya bilang tunggu stambumnya keluar mungkin 5-6 bulan lagi, apakah bisa diketahui jika saya menanyakan lgsg ke perkin? Soalnya saya hanya tau no tatonya c3m83 dan apa arti dari tato tersebut?

    ReplyDelete
  7. sangat bermanfaat sekali ini blog,terima kasih atas informasinya
    salam dog lovers

    ReplyDelete
  8. saya mau tanya...
    untuk perkin wilayah jakarta selatan dimana yak?
    tepatnya saya berdomisili di kebayoran lama

    ReplyDelete
  9. ini saya baru mau dikasih anakan pom umur 2bulan .. sepertinya ayah dan ibunya ga di stambum, itu bisa ga? dan ini pom campuran.. bagaimana ya?saya awam soal ini

    ReplyDelete
  10. Saya juga mau ah bikin silsilah untuk kucing.. kalau kucing ras kawin dengan kucing kampung masih bisa dibikin silsilahnya ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya gak bisa bro, soalnya kan mix breed:))

      Delete
  11. maaf semua . mau nanya nih sedikit .
    kemarin bulan maret saya beli husky,tattoo sudah ada dan katanya stamboom lagi di proses . saya beli di daerah bandung.
    tapi ternyata sang penjual ini malah melarikan diri .
    saya mau bertanya apa bisa membuat stambum baru untuk anjing saya ?..
    dikenakan berapa ?.
    lokasi saya di bekasi . mohon infonya. terima kasih

    ReplyDelete
  12. hallo semua!
    Mau nanya nih, masalah saya sama seperti saudara ezra, saya mau adopsi beagle, tapi bapaknya gak di stamboom, kira2 bisa gak ya dibuat kan silsilah/stamboom nya?

    ReplyDelete
  13. Tidak bisa bos. Anjing yg bapak atau ibunya tdk ada stambum .anakan ga akan bisa dapat stambum. Dan juga jika anakan sudah lebih dr 3 bulan (belum distambum) maka akan ditolak juga permohonan stambum nya.

    ReplyDelete
  14. permisi numpang tanya...
    anjing saya salmoyet betina dewasa.. sekitar 2 tahunan..
    belum di stanbum.. nah kalau nanti saya mau kawinkan, n dia punya anak, anak nya bisa di stanbum gak ya?
    kan indukya ga ada stanbum...

    mohon petunjuk nya... ^^

    ReplyDelete
  15. permisi saya mau tanya nih, sebulan yg lalu saya dikasih sm saudara, anak anjing shih tzu msh berumur 1bln. anak anjing tersebut sudah ada tatto di kuping'nya a223, maksud tatto tersebut apa ya?? dan apa bs diurus surat stambum'nya?? mksh ya :)

    ReplyDelete
  16. @fanny:kl ibu ga stambum ga bisa.bapak ibu harus stambun
    @sisca: no tattoo itu artinya dia stambum.biasanya pihak pembiak memberikan surat stambumnya.kalo masi 1 bln biasanya surarnya blm jadi. Kalaupun tidak ada bisa diuruskan surat kehilangan stambum ke perkin dgn membawa anjing dan surat laporan polisi.nanti perkin akan buatin salinan surat stambumnya

    ReplyDelete
  17. Siang bro n sist numpang tanya n share pengalaman ane
    Ane bbrp bulan yg lalu beli husky DOB 1 Des 2013 n waktu ane beli umurnya masih 3 bulan dengan kondisi telinga SUDAH DITATO
    Posisi ane di bekasi tapi husky kelahiran bandung
    Yg mau ane tanyain :
    1. Apakah proses pembuatan stamboom hingga berbulan- bulan ? krn sampai saat ini info dr penjual stambumnya blm jadi
    2. Karena posisi kuping sudah tato apakah stambum sudah pasti ada n betul sedang diproses? (kalo anjing dewasa ada tato tp stambum ilang mungkin curian tapi ini kan masih puppies)
    3. Berdasarkan no tato di kuping apakah kita bisa urus sendiri stambumnya? Maksud ane tanpa ngandelin si penjual n ane brgkt sendiri ke bdg ngurus stambumnya biar cepet jadi
    Thx buat bantuannya n mungkin bs jd contoh pengalaman buat temen2 yg lain.

    ReplyDelete