Wednesday, October 5, 2011

OKTOBER SERU

Bulan yang seru di Maru Bunny Town. Ada Melon yang sudah memasuki minggu akhir kehamilannya, ada Amel yang harus terus dimonitor setelah dipacak pada pertengahan September lalu dengan seekor pejantan Mini Schnauzer milik Gogo Kennel, ada Owl yang sedang masa pemulihan setelah sakit, ada Peanut yang masih belum sembuh gangguan di kulitnya, ada Zeon yang sedang program penambahan berat badan, eh ditambah pula Alma yang hari ini memasuki hari ketiga periode loopsnya. Nah, seru kan? Sibuk tapi tetap menyenangkan.

Melon
Dihitung dari hari pertama perkawinan Melon dan Owl, dengan asumsi terjadi pembuahan pada hari pertama, Melon diprediksi melahirkan pada tanggal 9 Oktober 2011 (masa kehamilan 65 hari). Umumnya kucing betina mengalami kehamilan selama 59-70 hari. Jadi bisa sebelum atau sesudah tanggal 9 Oktober 2011. Mudah-mudahan Melon sepintar Anis saat melahirkan dan mengurus bayi-bayinya.

Amel membawa kejutan tambahan ketika datang ke rumah kami. Beberapa hari setelah kedatangannya, Amel mendapat mens/loops, artinya masa kawin dan bisa dikawinkan di hari ke 9 sampai hari ke 14 dari hari pertama masa loopsnya. Yang umum dalam pemacakan anjing ras adalah betina dikawinkan dengan pejantannya pada hari ke 9 dan hari ke 11 masa loopsnya. 

Pemacakan Amel dengan pejantannya menggunakan sistem Neskeus. Artinya ada kesepakatan pembagian anak. Pemilik anjing jantan akan mengambil/memilih terlebih dulu satu ekor anak Amel setelah lahir nanti, dan akan diambil setelah semua urusan tatoo dan vaksin pertama selesai. Menurut teori masa kehamilan anjing betina berlangsung antara 55-65 hari. Dengan mengambil rata-rata 60 hari, diprediksi Amel melahirkan pada tanggal 16 Nopember 2011. Sayangnya saya tidak berhasil mendapat foto yang bagus saat pemacakan Amel dan Gogo. Pacak hari pertama lupa bawa kamera, pun kali kedua. Mengandalkan kamera handphone ternyata hasilnya buram dan tidak jelas karena pemacakan dilakukan pada malam hari.

Amel
Dengan asumsi pemacakan itu berhasil, maka Amel harus diberi pengawasan ekstra. Mau tidak mau harus tinggal dalam kandang. Zeon, si poodle jantan mengincar, Mercy si Beagle selalu mengajak bermain, wah, bisa-bisa stress dan keguguran nanti. Itu artinya ada jadwal baru untuk mengeluarkan Amel dari kandang pada jam-jam tertentu untuk pup dan pipisnya.

Nah, ternyata Alma juga memasuki masa loops. Dihitung dari umurnya, kali ini adalah masa loops Alma yang kedua. Dalam peraturan yang dibuat oleh Perkin (Perkumpulan Kinologi Indonesia), syarat minimal kawin untuk anjing trah sedang adalah 14 bulan. Umur Alma sekarang tepat 14 bulan. Tapi kami belum memutuskan apakah akan mengawinkan Alma sekarang atau menunggu 6 bulan lagi, masa loops Alma berikutnya. Alma masih masuk kategori anjing remaja, kami masih belum yakin apakah di usia sekarang Alma mampu kawin, melahirkan dan merawat anak-anaknya nanti.

Zeon sudah mulai beradaptasi di sini. Nafsu makannya membaik dan ternyata dia anjing yang pintar dan tidak merepotkan. Semoga Owl dan Peanut pun semakin membaik kondisinya. pets yang sehat dan bahagia akan menularkan kebahagiaan dan kegembiraan juga kepada pemiliknya.

1 comment:

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami :)
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar anonim, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)