Wednesday, July 27, 2011

MERAWAT BAYI YANG KEHILANGAN INDUK

Anda memiliki bayi hewan peliharaan yang kehilangan induknya? Pengalaman pertama kami adalah tujuh ekor bayi kelinci yang ditinggal mati induknya.

Bayi kelinci yang baru lahir, belum bisa makan selain minum susu induknya. Sedangkan pada waktu itu kami tidak memiliki induk kelinci lain yang juga sedang menyusui. Yang kami lakukan adalah memberi bayi-bayi kelinci yang baru berusia 1 minggu itu, susu kedelai untuk bayi. Pecernaan kelinci seperti juga halnya kucing, tidak bisa mencerna laktosa. Maka dari itu jangan pernah memberi mereka susu sapi. Bisa mengakibatkan diare dan mati!

Ada juga susu khusus untuk baby animal yang dijual di pet shop atau toko khusus hewan. Tapi harganya biasanya mahal. Susu yang kami pakai adalah susu bayi SGM LLM. Harganya lebih terjangkau dan aman untuk bayi-bayi kelinci kami. (ini bukan iklan loooh 021). Susu ini juga bisa diberikan untuk bayi kucing.


Susu diberikan menggunakan pipet dalam keadaan hangat. Pipetnya sebaiknya yang terbuat dari plastik. Bisa dibeli di apotik. Biasanya dalam kemasan obat untuk bayi yang berbentuk drops (cair) juga ada pipetnya. Itu juga bisa dipakai, asal dibersihkan dulu sampai bekas obatnya hilang.

Repot? Iyaaa..!! Seperti mengurus bayi sendiri saja hehehe. Tapi seru juga. Kadang-kadang, kalau sudah capek dengan aktifitas sehari-hari, saat jadwal menyusu malam, bayi-bayi kelincinya ikutan diboyong ke kamar tidur.


menyusui di kamar..
itu yang hitam-hitam di pundak mas Adi juga kelinci loh021


nah, kalau sudah besar lebih mudah
tidak perlu digendong lagi,
mereka akan menghampiri sendiri
pipet yang kita pegang

3 comments:

  1. Jd inget Dona, Kucing kesayanganku semasa SMP,,,

    Aku menemukannya di pinggir jalan, entah ibunya dimana(Tempat tinggalku agak sepi, dipastikan ini kitten buangan dr kampung sebelah.)

    yg pertama kulakukan adalah memberinya susu yg aku minum(susu bubuk instan), yg kubeli dg uang saku sendiri(ketauan susunya buat kucing, bisa gak di asup susu lagi akunya,,hee).

    Iya, betul sekali dlm seminggu kotorannya encer, tp setelah itu terbiasa dan suka makan bayam????mungkin mengimbangi laktosanya????hihihi,gak ngerti dehh.

    Ada yg aneh setelah si Dona beranjak besar(7bulan), posturnya tidak seperti kebanyakan kucing umumnya, mirip anjing duchshund, atau katanya jenis kucing munchkin.??kalo cuaca dingin dan tubuhnya melungker, duhh kaya bola aja, lucu..


    tapi aku kehilangannya setelah 2 tahun bersama, kata tetangga Dona di ambil orang yang lewat depan rumah..inilah rasa sakit hati pertama kali yang ku tahu sebelum aku mengerti akan arti cinta monyet,,hehehe,,


    miss u Donna si "Shortycute"

    ReplyDelete
  2. Percaya ga percaya.. Di kota saya (Palembang) susah banget nyari susu LLM.. Kalopun ada itu LLM+ Presinutri uk. 400 gr yg harganya lebih tinggi dibanding LLM biasa..

    *sigh*

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami :)
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar anonim, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)