Sunday, July 3, 2011

BUDIDAYA IKAN LELE, COBA YUK?

Hari Sabtu, tanggal 2 Juli 2011, saat mengantar anak-anak berlibur ke rumah Nenek di Puncak, kami menyempatkan berkunjung ke tempat budidaya ikan lele di lingkungan asrama prajurit TNI AD Yon Armed 5 kp. Tegallega, Cipanas, Cianjur. Sudah lama mas Adi ingin beternak ikan lele. Tahun 2010 yang lalu mas Adi pernah mencoba dengan membeli 100 ekor bibit. Namun tidak berhasil karena kurang persiapan dan pengetahuan.

Beberapa hari yang lalu, mas Adi baru tahu ternyata salah satu temannya ada yang mempunyai bisnis sampingan budidaya ikan lele. Dari temennya ini mas Adi banyak mendapatkan informasi penting tentang harga bibit lele, pengepul dan banyak lagi. Semangatnya langsung berkobar lagi deh 022.

Nah, dari hasil ngobrol-ngobrol dengan Ibu (Nenek) kami jadi tahu ada peternakan ikan lele tidak jauh dari situ. Kata Ibu, tentara-tentara itulah yang memberikan penyuluhan dan pelatihan gratis budidaya ikan lele kepada masyarakat setempat.

*keterangan foto: budidaya lele di kompleks asrama prajurit TNI AD Yon Armed 5 Kp. Tegallega, Cipanas - Cianjur*


Tentara-tentara di sana menyambut kami dengan baik. Mereka ramah dan menyilakan kami untuk melihat-lihat. Salah seorang di antara mereka juga dengan senang hati berbagi ilmu dan menjawab pertanyaan-pertanyaan kami. Wah, senangnya.. 022

Ternyata tidak sulit untuk mulai budidaya lele ini. Untuk membuat kolam tidak terlalu rumit, hanya dibutuhkan terpal. Bersyukur sekali tentara-tentara di Yon Armed 5 itu sangat terbuka dalam memberikan informasi.

Pulang ke Sawangan, langsung deh mas Adi merealisasikan ilmu yang baru didapatnya. Membuat kolam dan airnya dulu. Setelah seminggu baru bibit lele dimasukkan ke dalam kolam.

Kolam ukuran 2x1m sudah selesai. Air sedang dalam proses. Sampai seminggu ke depan, semoga semua berjalan lancar.. 035


kolam (calon) lelenya mas Adi

No comments:

Post a Comment

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami :)
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar anonim, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)