Sunday, July 24, 2011

2 MINGGU SETELAH TEBAR BENIH | BUDIDAYA LELE

Apa kabarnya ya si ikan-ikan lele di kolam terpal kami setelah dua minggu di sana? Alhamdulillah baik-baik saja dan tidak berkurang satu ekor pun. Urusan budidaya lele ini kami memang belum bisa banyak berbagi, karena kami pun masih sangat baru dalam hal ini, masih minim informasi.

Siang tadi saya browsing internet mencari informasi tentang pakan lele dan cara pemberiannya. Selama ini pakan yang kami pakai adalah pelet apung. Dari artikel yang saya baca di TernakLele.Com, cara pemberian pakan untuk lele yang selama ini kami lakukan sudah benar, yaitu: untuk pelet apung pemberiannya dilakukan dengan cara menyebar pelet menjadi tiga bagian, ujung kanan, tengah dan ujung kiri. Setelah pakan di ujung kanan habis, pelet disebar di bagian tengah kolam. Bagian tengah habis, sebar di bagian ujung kiri. Proses terus diulangi sampai ikan lele kenyang. Saat menyebar pelet pertama kali ikan-ikan lele itu pasti berebut memakan pelet yang kita sebar. Nah, kalau sudah mulai terlihat ada sisa pelet di bagian yang kita sebar tadi, itu tandanya ikan-ikan itu sudah kenyang.

Pemberian pakan ini juga harus teratur, 3 sampai 6 kali sehari tergantung jadwal yang sudah kita tentukan. Pakan tidak boleh diberikan secara berlebihan, karena kata peternak lele yang sudah berpengalaman, pakan ikan lele yang tidak habis dimakan akan mengendap di dasar kolam dan menjadi racun untuk ikan lele.

Satu lagi informasi penting yang saya dapat dari hasil browsing hari ini adalah, pemberian pakan sebaiknya dilakukan setelah pukul 9 pagi. Di artikel itu disebutkan bahwa berdasarkan penelitian pada waktu pagi sebelum pukul sembilan, permukaan air kolam masih tercemar oleh zat-zat yang merugikan yang dibawa oleh udara, jadi jika kita memberikan pakan pada saat yang terlalu pagi, maka pakan akan bercampur dengan zat-zat tersebut sehingga menjadi racun dan berbahaya bagi kesehatan ikan. Dengan menunggu hingga pukul sembilan, diharapkan sudah cukup waktu untuk zat-zat tersebut menguap karena disinari oleh matahari.

Terimakasih ya, TernakLele.Com untuk artikelnya. Sangat membantu sekali 035

Nah, ini dia foto salah satu lele yang berhasil saya jaring siang tadi. Ukurannya sudah jauh lebih besar dari dua minggu yang lalu.


No comments:

Post a Comment

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami :)
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar anonim, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)