Thursday, June 9, 2011

RIP ZEAN

Beberapa minggu yang lalu, Zean, saudara kembar Zeon (miniature poodle), mati karena serangan virus parvo. Padahal anak-anak poodle ini sudah mendapatkan vaksinasi parvo 1, begitu pun Chelly induk mereka. Hua sedihnya.. apalagi anak-anak mini poodle ini sedang lucu-lucunya.

Parvo virus adalah penyakit infeksi yang cukup sering terjadi pada anjing. Penyakit ini disebabkan oleh Canine Parvovirus type 2 (CPV 2). Virus ini banyak menyerang anjing muda, yaitu pada usia 6-16 minggu, namun anjing tua juga dapat terjangkit meskipun jarang. Semua ras anjing dapat terserang virus ini terutama untuk ras Rottweiler, Dobermann, Golden Retriever dan Labrador Retriever.

Wikipedia menyebutkan Parvovirus resisten terhadap inaktivasi. Artinya virus itu bisa bertahan di tanah yang terkena feses anjing selama lebih dari 5 bulan pada kondisi tanah yang sesuai.

Gejala klinis penyakit Parvo yang paling spesifik adalah muntah dan diare berdarah yang terjadi berulang-ulang. Gejala lainnya adalah lesu, tidak mau makan dan demam. Bila muntah dan diare berlangsung terus maka anjing akan mengalami dehidrasi dan kehilangan berat badan.

Zean sempat dirawat di klinik selama dua hari tapi akhirnya tidak tertolong. Memang kematian akibat infeksi parvovirus umumnya terjadi pada anak anjing. Dan seperti halnya distemper, penyakit ini tidak dapat diobati sehingga vaksinasi merupakan alternatif yang terbaik.

Dari kabar yang terdengar, katanya di rumah barunya Zean senang bermain di kamar mandi. Mungkin dari sanalah dia terkena virus parpo 028

Rest in peace Zean..
Semoga ini menjadi pelajaran bahwa ketika seseorang memiliki binatang peliharaan, mereka juga bersedia berkomitmen untuk perawatan dan pemeliharaan pet nya itu.

No comments:

Post a Comment

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami :)
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar anonim, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)