Friday, June 10, 2011

MENDADAK DOKTER

Seringkali karena keadaan kami dituntut menjadi dokter pribadi para binatang kesayangan. Mulai dari hal-hal kecil sampai yang gawat darurat. Contohnya yang kami alami pada bulan Oktober 2010 lalu. Bu Brownie, seekor kelinci dutch kami mengalami masalah setelah melahirkan 6 ekor anaknya. Bagian vulvanya ikut keluar pada saat melahirkan. Akibatnya keluar cairan terus-menerus dan Bu Brownie tidak bisa menyusui anak-anaknya. Yang dia lakukan hanya menjilati bagian yang terluka, tidak makan dan minum. Tentunya ini mengkhawatirkan dan berbahaya. Dan harus ditangani langsung oleh dokter.

Dokter melakukan operasi kecil dengan menjahit sedikit di bagian bawah sehingga vulva tidak keluar lagi. Katanya kalau dalam waktu satu minggu tidak ada kemajuan, mau tidak mau harus dilakukan operasi besar. Dokter memberikan obat-obatan berupa salep yang harus dioleskan 3 kali sehari dan antibiotik yang harus diminum bu Brownie.
Dan yang terjadi adalah sampai di rumah jahitan bu Brownie lepas karena dia gigit-gigit033. Kembali lagi ke dokter dalam hari yang sama? Bukan pilihan yang menyenangkan tapi bu Brownie juga harus diselamatkan. Akhirnya mas Adi menelpon tante kami yang kebetulan dokter dan "memaksa" diajari cara menjahit luka. Alat-alat dan obat-obatan apa saja yang diperlukan. Segera setelah semuanya siap mas Adi untuk pertama kalinya 009, melakukan "operasi kecil". And he did it..!

Selama seminggu bu Brownie mendapat pengawasan ekstra, terutama supaya dia tidak menggigiti luka jahitnya. Obat-obatan dari dokter dan prosedur perawatan tetap kami lanjutkan. Setiap kali selesai diolesi salep, bu Brownie harus dipegangi dulu minimal 30 menit supaya tidak menjilati lukanya. Makannya mesti disuapi menggunakan pipet karena kalau tidak begitu dia tidak mau makan. Capek? Iya. Repot? Banget! Belum lagi kehilangan 6 ekor bayi kelinci.Tapi semua terbayar ketika bu Brownie sembuh seperti sedia kala.

Sekedar mengingatkan: jangan lakukan tindakan darurat pada binatang peliharaan anda tanpa persiapan khusus dan bimbingan ahlinya. Segera bawa ke dokter hewan terdekat. Itu lebih baik035

2 comments:

  1. waaaa...ga kebayang ng-operasi sendiri,,,hebat..hebat..
    *sambil ngebayangin ada apa aja di rumahmu say*

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami :)
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar anonim, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)