Wednesday, June 8, 2011

KELINCI LUMPUH

Sumber:
PRESTASI INDONESIA (Petani Peternak Indonesia)

Pernahkah kelinci anda yang sehat tiba-tiba lumpuh?
Penyakit ini sering menyerang pada kelinci indukan yang sudah beranak lebih dari lima kali, bahkan ada kelinci yang beranak sekali saja sudah terjadi kelumpuhan.

Penyebab utama adalah kelinci anda kekurangan kalsium. Pemberian pakan yang tidak tepat, terutama untuk induk kelinci, dapat menyebabkan kekurangan kalsium, sakit pada tulang dan menyebabkan kelumpuhan. Tidak hanya induknya, anak kelinci yang tidak mendapat asupan susu induknya yang berkualitas pun rentan terserang penyakit ini.

Kelumpuhan juga bisa disebabkan karena kegemukan, terlalu sering pemberian pakan instant seperti susu, roti, pellet tanpa diselingi dengan hijauan atau rumput. Pakan hijau (rumput) sangat penting untung kelinci. Berikan bersamaan dengan akarnya.

Bagaimana mengatasi kelumpuhan pada kelinci?

1. Bila sudah satu bulan anaknya, pisahkanlah anaknya
2. Berilah vitamin vitamin ekstra ( B12, B complek, Vit C, Tambahan vit ADKF)
3. Pakan hijauan yang mengandung akar keras (akar kacang, akar rumput keras.)
4. Berilah kebebasan kelinci dengan di bebaskan sementara di tanah yang luas.
5. Usahakan jangan dikawinkan dulu
Sumber: Prestasi Indonesia

Semoga artikel tadi bermanfaat. Mengutip Ilmu Kelinci, penyakit yang diderita kelinci hampir 80 % disebabkan oleh sikap dan emosi kita dalam penanganan kelinci peliharaan kita.


3 comments:

  1. kelumpuhan disebabkan oleh sayaraf yg terganggu. pengobatan menggunakan antibiotik oxytetracycline 0.3 ml intramuscular, setelah 48 jam diijeksi lagi bila belum ada perubahan. ( pernah saya posting di Group FB : KHAS )

    ReplyDelete
  2. Kak, aku mau tanya . Awal ny kelinci saya terkena penyakit kulit, timbul putih" keras di kaki, hidung, mulut , dan telinga.
    Namun stelah saya obati ± 2 minggu , kelinci saya sudah jauh lebih baik (putih" keras nya sudah tinggal sedikit).
    Sampai kemarin malam, tiba" kepala kelinci saya seperti lumpuh (sangat lemas, bisa di miringin ke kiri/kanan) , selang beberapa menit kaki ny juga lumpuh , kemudian kejang" dan mati (dgn posisi spt anjing mati).
    Padahal pagi ny - malam ( 1 jam sbelum lumpuh ) , kondisi ny masih baik" saja.

    Saya mw tanya :
    1. Apa penyebab dan nama penyakit tsb ?
    2. Bagaimana cara mengobati ny ?

    Terima kasih sebelum nya.

    ReplyDelete
  3. Dear Liuz, putih2 berkerak itu scabies, artikelnya bisa lihat di http://www.marubunnytown.com/2011/07/scabies-pada-hewan-peliharaan.html.

    Sedangkan kalau kelincinya sudah sampai kondisi seperti di atas, lumpuh sangat lemas kemudian kejang, pertolongan pertama bisa dengan memberikan teh manis hangat. Sayangnya banyak kelinci yang tidak bisa bertahan kalau sudah sampai ke tahap itu.

    Pencegahannya adalah dengan memberikan pola makan yang baik untuk kelinci. Kelinci lumpuh disebabkan kurang kalsium. Silakan baca lagi artikel di atas untuk mengatasi kelumpuhan pada kelinci dan saran dari Rafsbunnies di komentar sebelumnya.

    Semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete